Daftar Orangtua Asuh | Daftar Anak Asuh 

Wacana
05 Maret 2012 | 21:05 wib Home » Wacana » Detail

Kerja Keras, UN dan Ikrar Kejujuran

image

IKRAR melaksanakan UN yang jujur dan berprestasi oleh segenap insan pendidikan di Jateng di depan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh beberapa waktu yang lalu hendaknya kita realisasikan bersama. Betapa mulia dan agungnya nilai-nilai yang terkandung dalam teks ikrar yang dibacakan oleh dua siswa, yaitu Diva wakil dari SMP dan Syaiful wakil SMA di Semarang, yang ditirukan seluruh kepala sekolah dan kepala dinas pendidikan se-Jateng yang hadir pada waktu itu. Berikut sedikit cuplikan teks ikrarnya:

"Kami berikrar menyukseskan ujian nasional dengan jujur dan berprestasi. Membangun budaya pembelajaran berdasarkan ajaran agama dan nilai utama karakter bangsa yang beriman, takwa, jujur, bersih, santun, cerdas, disiplin, kreatif, kerja keras, dan bertanggung jawabî.

Nah, konsekwensi logis dari adanya ikrar tersebut, mau tidak mau seluruh civitas pendidikan di Jateng harus bekerja keras dalam menghadapi UN tahun ini. Baik itu, kepala dinas pendidikan, kepala sekolah, guru dan siswa wajib totalitas dalam menyikapi UN. Khusus bagi para siswa, sekarang ini tidak ada lagi istilah pasif dalam belajar.
Waktu yang tinggal sebentar ini hendaknya dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk belajar. Demikian pula bagi para guru di Jateng hendaknya selalu siap memacu, mengarahkan, mendampingi serta membimbing belajar siswanya. Sebab menurut Peters pada hakekatnya tugas dan tanggung jawab guru adalah sebagai pengajar, pembimbing dan administrator kelas. Begitu pula dengan pendapat Amstrong dimana tugas dan tanggung jawab guru menurutnya adalah sebagai pengajar, memberikan bimbingan, mengembangkan kurikulum, mengembangkan profesi dan membina hubungan dengan masyarakat (Nana Sudjana, 1989).

Mengingat besarnya peranan guru dalam belajar siswa, maka setiap guru terutama guru pengampu mata pelajaran yang di-UN-kan harus mampu mendorong siswanya untuk dapat belajar maksimal. Karena dengan belajar secara maksimal siswa diharapkan dapat lebih menguasai soal Ujian Nasional. Di sisi lain, sayogyanya bagi segenap guru terutama yang mengampu mata pelajaran yang di-UN-kan, sebelum pelaksanaan UN nanti hendaknya sudah dapat memastikan bahwa siswanya telah menguasai keseluruhan materi ujiannya. Hal ini sangat penting sebab dengan siswa mampu menguasai semua materi pelajaran beserta dengan semua jenis atau model soal UN yang begitu rumit, dapat dipastikan mereka tidak akan kebingungan saat mengerjakan warna-warni soal ujian nanti.

Oleh karena itu dalam konteks ini, segenap guru pengampu mata pelajaran yang di-UN-kan seharusnya dalam membimbing belajar siswanya selain memfokuskan pada penguasaan materi pelajaran, hendaknya juga lebih mengutamakan latihan menggarap berbagai jenis soal. Karena hanya dengan cara seperti inilah siswa dapat dipastikan akan menguasai dan dapat mengerjakan berbagai jenis soal UN nanti. Walhasil, akhirnya hanya dengan kerja keraslah UN akan dapat berjalan dengan penuh kejujuran dan menghasilkan out put yang berprestasi serta membanggakan kita semua masyarakat Jateng. (91)

M Saifuddin Alia
Guru MTs Negeri Wirosari Grobogan

 

Sumber: suaramerdeka.com

Kirim Komentar

UPDATE

24 Oktober 2013 | 10:18 wib
Pengukuhan FK-OTA Kec Pabelan

Guru Sertifikasi Miliki 3 Anak Asuh

Ungaran, Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA) Kabupaten Semarang dalam kegiatan pengukuhan FK-OTA Kecamatan se-Kabupaten…


23 Mei 2013 | 11:22 wib

77 Siswa Menerima Bantuan GNOTA

image GNOTA Kabupaten Semarang Kamis (23/05) memberikan beasiswa kepada 77 siswa SD dan SMP  dengan nominal 9.3 juta.Pemberian…


26 April 2013 | 19:45 wib

Pahami 17 Mata Pelajaran, Baru Pilih Jurusan

image KOMPAS.com - Ketika masuk SMA, siswa menghadapi pilihan masuk jurusan IPA atau IPS. Penjurusan ini biasanya berdasarkan…


06 Februari 2013 | 11:27 wib
Di RS Ken Saras

Wabup Kukuhkan Pengurus Komisi Lansia Kecamatan se Kab Semarang

  Ungaran, Wakil Bupati Kabupaten Semarang Ir Warnadi, M.M hari ini (6/2) pukul 10.15 WIB mengukuhkan Forum Komunikasi…


02 Januari 2013 | 21:37 wib

Silaturahmi Keluraga Besar SMPN 5 Kab Semarang

image SMPN 5 Ungaran, Kabupaten Semarang hari ini (2/1) ini mengadakan "Silaturahmi Keluraga Besar SMPN 5 Kab Semarang", kegiatan…

© 2012 Dewan Pendidikan Kabupaten Semarang powered by duakongsi.com